MENGAPA TORAM?


Halo guys,

Salam hangat,Saya adalah salah satu tipe orang yang mungkin bisa anda sebut sebagai gamer umum / standard. Sepanjang hidupku aku telah bermain cukup banyak judul terutama game RPG dari konsol, handheld ataupun game PC. Dan sepertinya bahkan sudah tidak terhitung lagi LoL (seri Suikoden, seri Star Ocean, seri Final Fantasy, seri Jade Cocoon, Castlevanias ( yang tipe ARPG), Dark Clouds, Monster Rancher daaaan di PC / MMORPG yaitu Ragnarok Online, Rising Forces, ROSE, TS Online, World of Warcraft, Rift, Archeage dan banyak lainnya lagi yang tidak saya ingat. Saya bukan tipe grinder yang cukup gila, tapi lebih ke tipe pemain yang suka menganalisa / mencoba gameplay, menikmati permainan seperti biasa atau membandingkan game antara satu sama lain untuk kelebihan dan kekurangan mereka.


Banyak game smartphone MMORPG atau genre paling populer saat ini yang saya sebut "The Gacha Styles" (Seven Knight, Brave Frontier, Fate, Etc) cukup MEMBOOOSAAANKAN. Mengapa? inilah alasan saya:


A. Bayar Untuk Menang, (DUH!) Nah saya tahu setiap permainan rata - rata menggunakan cara ini karena beginilah cara pengembang dan penerbit untuk menghasilkan uang, tapi jangan salah sangka. Game "Gacha Styles" saat ini sangat membosankan karena setiap karakter baru yang mereka buat LEBIH, LEBIH dan LEBIH (ga cukup sekali gan) POWERFULL dibandingkan dengan barisan karakter yang diluncurkan untuk pertama kalinya. Bukan hanya untuk PVE dan PVP, tapi juga untuk RAID dan  terkadang untuk kegunaan lain yang tidak masuk akal. Singkat kata jika Anda ingin tinggal di rangking tinggi PVP, PVE, RAID atau ranking apapun, Anda harus mendapatkan karakter atau item itu. Selamat! Sekarang Anda telah menjadi kantong uang atau bahan bullian bagi para pemain Pay To Win.


B. Quest Harian sebagai pekerjaan harian Anda, sebagian besar permainan saat ini memberi hadiah kecil untuk quest harian, mingguan, bulanan, atau bahkan untuk acara event. Anda bisa bermain selama yang Anda inginkan, beberapa jam online hanya untuk menyelesaikan quest ataaauu online beberapa jam dalam sehari (saat bangun tidur, sarapan, makan siang, kerja, sekolah, dll) hanya untuk menyelesaikan quest - quest tersebut! Saya telah melakukannya dan tanpa saya sadari saya kehilangan waktu dan juga membebani smartphone saya. Ini seperti Anda dikutuk untuk memainkannya selamanya tanpa kesempatan untuk mendapatkan apa yang Anda inginkan. Apa? Anda tidak ingin menjadi pemenang? juara PVE? juara PVP? saya rasa itu omong kosong. Saya pikir semua orang yang bermain game mengetahui satu hal, kesempatan untuk menjadi juara atau menjadi pemenangnya, inilah mengapa kita bermain game (atau hanya mendapatkan storyline yang dilakukan / rahasia permainan). Ini adalah buang-buang waktu dan bahkan kehidupan normal Anda akan lebih berharga. Abaikan point ini jika ada adalah tipe pemain Pay to Win ( saya rasa anda sudah tahu ).


C. Game Smarthpones berbasis MMORPG / RPG saat ini sebagian besar membosankan atau hanya duplikat permainan lain, auto questing / auto pathing ke npc atau hunting ground / auto attack / auto report. WTH? Saya bermain game tidak untuk menyalakan smarphone saya hanya agar smartphone saya bermain dengan dirinya sendiri. Kebanyakan dari mereka sekarang menduplikasi game lain namun dengan sprite / pixel yang berbeda atau hanya dipoles dengan grafis yang lebih baik. WTF ?!


D. Sebagian besar game MMORPG / RPG pada game smartphone memakai Kelas tertentu / Kelamin tertentu, tidak banyak permainan game yang menawarkan kustomisasi penuh untuk menyesuaikan perlengkapan, penampilan atau bahkan bentuk tubuh mereka. Biasanya ada beberapa hal pada beberapa game, namun biasanya memiliki jumlah preset (pilihan) cukup kecil jumlahnya sehingga apa yang akan kita mainkan akan menjadi "Game Tentara" (saya menyebutnya "Game Tentara" karena bentuk akhir perlengkapan karakter & jenis permainannya di akhir game hampir sama semua untuk seluruh pemain). 


Tidak percaya? Lihat saja RF Online yang merupakan salah satu jenis (Game Tentara) yang saya sebutkan ( Equip Warrior, Equip Mage,Equip Ranger / Gunner yang bertipe sama untuk senjata dan armor, Bellato Armor Rider, dll. Dimana ketika level meta semua equip pasti kembar dan status sama). Kebetulan saja saya mengambil contoh dari game PC, tapi konsepnya hampir sama. Nah, gameplay itu tidak cocok untuk saya, kalau untuk anda saya tidak tahu.

E. Kustomisasi Terbatas, masih menunjuk dari titik D tapi dari sudut yang berbeda. Banyak permainan dari smartphone terbatas dalam ukuran data karena ketersediaan kapasitas memori smartphone yang tidak bisa menandingi PC / Console / Handhelds (anda pasti tidak punya game berukuran 30Gb di smartphone kan?). Hal ini membuat game smartphone pun terbatas baik dalam gameplay, desain dan konsep. Jadi kebanyakan game yang ada akan sama tapi dengan judul yang berbeda, setiap kali sebuah game baru diluncurkan. Kebanyakan seperti itu.....  hanya diubah sedikit dari lainnya.


=====================================================================



 
Untuk MMORPG di mobile games / smartphone, Toram Online adalah satu dari sekian banyak dari game yang selama ini dapat saya nikmati saat bermain. Ini untuk kelebihan dan kekurangannya berdasarakan pendapat saya:


Kelebihan:

 - Kustomisasi Skill, kamu bisa membuat kombinasi skill dari skill yang ada. skill warrior dengan healing? penyihir dengan pedang? tank mage? kungfu mage? tanker dengan panah?Anda dapat menciptakan kelas apapun yang Anda suka. 
- Main Quest & Sub Quest, quest hanya dibagi menjadi 2 seperti pada World of Warcraft. Main Quest membuka ketersediaan Main Story Boss dan Dungeons, sementara Sub Quest memberi Anda lebih banyak bonus EXP dan reward item. Bahkan beberapa barang untuk Sub Quest dapat diperjualbelikan di Rumah Lelang (disini mereka menyebutnya Papan Konsinyasi) jadi keputusan Anda untuk mendapatkan  uang atau hanya grinding EXP.
- Kustomisasi hampir semuanya, ya anda membacanya dengan benar. Seperti World of Warcraft Anda bisa menyesuaikan wajah karakter Anda, senjata dan pakaian baik dari penampilan, status, warna tapi dengan beberapa persyaratan tentunya. 
- Customizeable Interface, Shortcut & Combo (Makro), di kebanyakan MMORPG smartphone pada layarnya terlalu banyak tombol. Di sini Anda bisa mengkustomisasi apa yang harus dan yang tidak, selain itu mereka memiliki sistem combo yang membuat skill bisa dilepas secara berurutan hanya dengan satu tombol. 
- Open World, seperti kebanyakan MMORPG. 
- Smartphone yang di Root tidak bisa memainkan game ini, nah saya pikir ini sebuah kelebihan karena hal ini yang membuat game cukup nyaman dari masalah hacker / cheater dari game kamu Bahkan jika beberapa bisa melakukannya hanya tinggal tunggu tertangkap oleh master permainan. 
- Tidak ada PVP, saya tidak tahu apakah saya bisa menyebut ini sebagai kelebihan tapi sejauh yang saya lihat, para pemain di game ini cukup stabil jumlahnya. Tidak ada PVP menurut saya membuat permainan lebih tidak bisa dihuni oleh cheater / hacker, sebagian besar cheater/hacker berlaku curang hanya untuk menang di PVP dimana kebanyakan dari mereka hanya untuk membuktikan bahwa mereka lebih baik dari semua orang. 
- Grafis bagus & design game yang bagus, walaupun grafis 3D nya  tidak mulus seperti game lainnya namun tetap menyenangkan dikarenakan grafis gamenya menggunakan style anime jepang. 
- Mata Uang Premium tersedia, ya Anda membacanya dengan benar. Anda bisa mendapatkannya di ingame tanpa melalui pembelian legal lewat hadiah mingguan, quest event atau hadiah emblem.
- Grup Solo & Mercenary, Anda bisa membuat grup solo sendiri yang meliputi karakter yang anda kontrol, karakter anda lainnya & karakter teman anda (tentara bayaran / mercenary). Jadi Anda bisa hunting / grinding sendiri tanpa bergantung pada orang lain / grup. Kelemahannya adalah mereka hanya bisa menyerang musuh yang Anda target, tidak ada AI atau script untuk menggunakan sekill mereka.



Kekurangan: 

- Di Toko Game menjual barang Power Up, kebanyakan dari mereka sulit didapat. Bahkan power up item masih membuat Anda mengeluarkan biaya banyak untuk mendapatkannya. 
- Slot karakter, Bag & Item Storage terbatas, systam standard dari game ini tapi dengan mata uang premium gratisan (free orb) Anda bisa mengatasi masalah ini lebih awal (jika Anda tidak menggunakannya untuk gacha). 
- Tidak ada Auto Play/Hunt,  Jika Anda AFK selama 30 menit, Anda akan ditendang dari permainan. 
- Tidak ada Tungganan/Kendaraan, ya Anda membacanya dengan benar LoL 
- Uang (Spinas) susah didapat, game ini cukup seperti Ragnarok Online dimana untuk mendapatkan uang anda harus menjual barang barang dari hasil hunting / buruan (membunuh buruan tidak langsung memberi anda uang). Untungnya sebagian besar barang dapat digunakan untuk membuat suatu barang. 
- No Whisper / Post Massage, belum diimplementasikan. Satu-satunya cara untuk memposting pesan pada seseorang adalah jika mereka adalah teman Anda atau berada di sekitar Anda / di dekat Anda (buka menu). 
- System Damage menurun, akan saya jelaskan nati di blog saya. Penjelasan yang paling sederhana adalah jenis serangan yang sama berurutan akan membuat tingat kerusakan yang dilakukan menurun, namun system pertahanan akan direset setiap 6x serangan  dilakukan (ada rumusnya). Saya rasa hal ini untuk mencegah auto attack bot. 
- Bug yang saat ini diketahui untuk menargetkan dead mob selama beberapa detik jika menggunakan auto target, saat membunuh monster ada kemungkinan bahwa crosshair target terkunci ke dalam musuh yang mati, hal ini dapat diatasi dengan menargetkan secara manual (jika menggunakan penargetan otomatis). Mungkin  hal ini untuk mencegah bot juga. 

Nah, itu dia. Semoga Anda menikmati permainan juga. 
Maaf kalau ada kesalahan. 

Berikut ada beberapa review dari orang / website lain :
http://2p.com/41779610_1/Toram-Online-Still-the-1-MMORPG-for-Mobile-by-MFGLife.htm 
https://mmos.com/review/toram-online 
http://aikagames.com/review-game-rpg-toram-online/ 
https://www.mmoreviews.com/toram-online/ 

Komentar

Postingan Populer